You are currently viewing 30 Contoh Judul Skripsi Ilmu Komunikasi yang Paling Mudah

30 Contoh Judul Skripsi Ilmu Komunikasi yang Paling Mudah

Sedang mencari inspirasi untuk judul skripsi ilmu komunikasi? Anda berada di tempat yang tepat! Di Skripsi Express, kami telah menyediakan jasa skripsi untuk jurusan ilmu komunikasi dan kami siap membagikan ide-ide judul skripsi yang menarik.

Setiap kali ada seseorang yang memesan jasa skripsi dari kami, tim kami dengan cermat memikirkan beberapa ide yang relevan.

Meskipun tidak semua ide dipilih oleh klien kami, kami ingin berbagi beberapa ide tersisa yang tetap memiliki kualitas dan relevansi yang tinggi. Mari simak beberapa ide menarik dari tim kami di bawah ini:

 

Contoh Judul Skripsi Ilmu Komunikasi

1. Pengaruh Media Sosial terhadap Pola Komunikasi Remaja: Studi Kasus di Kota Metropolitan

Penelitian ini akan mengeksplorasi pengaruh media sosial terhadap pola komunikasi remaja, dengan melakukan studi kasus di sebuah kota metropolitan. Media sosial telah menjadi bagian integral dari kehidupan remaja modern, mempengaruhi cara mereka berinteraksi, berkomunikasi, dan membentuk identitas mereka.

Penelitian ini akan menggunakan metode observasi, wawancara, dan kuesioner untuk mengumpulkan data tentang pola komunikasi remaja, penggunaan media sosial, dan dampaknya terhadap hubungan interpersonal mereka. Temuan dari penelitian ini diharapkan dapat memberikan wawasan yang lebih baik tentang dinamika komunikasi remaja di era digital.

2. Representasi Gender dalam Media Massa: Analisis Terhadap Pemberitaan Politik di Televisi Nasional

Penelitian ini akan melakukan analisis terhadap representasi gender dalam media massa, khususnya pemberitaan politik di televisi nasional. Representasi gender dalam media massa memiliki dampak yang signifikan terhadap persepsi masyarakat terhadap peran dan kapabilitas gender dalam kehidupan politik.

Penelitian ini akan mengidentifikasi pola representasi gender dalam pemberitaan politik, analisis naratif yang digunakan, dan dampaknya terhadap pembentukan opini publik. Dengan demikian, penelitian ini diharapkan dapat memberikan pemahaman yang lebih baik konstruksi gender dalam ruang media massa.

3. Penggunaan Bahasa Tubuh dalam Komunikasi Nonverbal: Studi Kasus pada Presentasi Publik di Lingkungan Bisnis

Penelitian ini akan mengeksplorasi penggunaan bahasa tubuh dalam komunikasi nonverbal, khususnya dalam konteks presentasi publik di lingkungan bisnis. Bahasa tubuh, seperti gerakan, ekspresi wajah, dan postur tubuh, mempunyai peran penting dalam menyampaikan pesan dan mempengaruhi persepsi audiens.

Penelitian ini akan melakukan studi kasus terhadap presentasi publik di lingkungan bisnis untuk mengidentifikasi pola-pola penggunaan bahasa tubuh yang efektif dalam membangun kredibilitas dan mempengaruhi pendapat audiens. Temuan dari penelitian ini diharapkan dapat memberikan panduan praktis bagi individu yang ingin meningkatkan kemampuan komunikasi nonverbal mereka.

4. Peran Komunikasi Keluarga dalam Pembentukan Identitas Remaja: Perspektif Psikologis dan Sosiologis

Penelitian ini akan meneliti peran komunikasi keluarga dalam pembentukan identitas remaja, dengan menggunakan pendekatan psikologis dan sosiologis. Komunikasi dalam lingkungan keluarga memainkan peran penting dalam membentuk identitas remaja, termasuk nilai-nilai, norma-norma, dan pandangan tentang diri sendiri dan dunia.

Penelitian ini akan menggabungkan analisis psikologis tentang interaksi keluarga dengan perspektif sosiologis tentang konstruksi sosial identitas. Dengan demikian, penelitian ini diharapkan dapat memberikan pemahaman yang lebih komprehensif tentang faktor-faktor yang mempengaruhi terbentuknya identitas remaja.

5. Pengaruh Komunikasi Organisasi terhadap Kepuasan Karyawan: Analisis di Perusahaan Manufaktur Skala Menengah

Penelitian ini akan menyelidiki pengaruh komunikasi organisasi terhadap tingkat kepuasan karyawan, dengan melakukan analisis pada perusahaan manufaktur skala menengah. Komunikasi organisasi memainkan peran penting dalam membentuk budaya perusahaan, memfasilitasi aliran informasi, dan mendorong keterlibatan karyawan.

Penelitian ini akan menggunakan metode survei dan wawancara untuk mengumpulkan data tentang persepsi karyawan terhadap komunikasi organisasi dan tingkat kepuasan mereka terhadap lingkungan kerja. Temuan dari penelitian ini diharapkan dapat memberikan wawasan yang lebih baik tentang pentingnya komunikasi organisasi dalam meningkatkan kesejahteraan karyawan dan kinerja perusahaan.

6. Pengaruh Penggunaan Media Sosial terhadap Perilaku Konsumtif Remaja: Studi Kasus di Lingkungan Sekolah Menengah Atas

Penelitian ini akan meneliti pengaruh penggunaan media sosial terhadap perilaku konsumtif remaja, dengan melakukan studi kasus di lingkungan sekolah menengah atas. Media sosial telah menjadi bagian integral dari kehidupan remaja modern, dan seringkali berperan dalam membentuk pola konsumsi mereka.

Penelitian ini akan menggunakan metode survei dan wawancara untuk mengumpulkan data tentang pola penggunaan media sosial dan perilaku konsumtif remaja. Temuan dari penelitian ini diharapkan dapat memberikan pemahaman yang lebih baik tentang hubungan antara media sosial dan perilaku konsumtif remaja serta pemberdayaannya bagi pembentukan nilai-nilai konsumen masa depan.

7. Dinamika Komunikasi Antarbudaya dalam Lingkungan Kerja Multikultural: Studi Kasus di Perusahaan Teknologi Global

Penelitian ini akan menganalisis dinamika komunikasi antarbudaya dalam lingkungan kerja multikultural, dengan melakukan studi kasus di sebuah perusahaan teknologi global. Perusahaan-perusahaan global sering kali memiliki karyawan dari beragam latar belakang budaya, yang menghadirkan tantangan dan peluang dalam komunikasi antarpribadi dan antargrup.

Penelitian ini akan menggunakan pendekatan kualitatif untuk menganalisis pola komunikasi, konflik budaya, dan strategi penyesuaian dalam lingkungan kerja multikultural. Temuan dari penelitian ini diharapkan dapat memberikan wawasan yang lebih baik tentang bagaimana komunikasi antarbudaya beroperasi dalam konteks bisnis global saat ini.

8. Persepsi Masyarakat terhadap Etika Jurnalisme dalam Era Digital: Studi Kasus di Media Online

Penelitian ini akan mengeksplorasi persepsi masyarakat terhadap etika jurnalisme dalam era digital, dengan melakukan studi kasus di media online. Era digital telah mengubah lanskap media dengan cepat, memunculkan pertanyaan tentang standar etika dalam penyampaian berita dan informasi.

Penelitian ini akan menggunakan metode survei dan analisis untuk mengidentifikasi persepsi masyarakat terhadap etika konten jurnalisme online, kredibilitas media, dan tanggapan terhadap pelanggaran etika yang dilaporkan. Temuan dari penelitian ini diharapkan dapat memberikan wawasan yang lebih baik tentang harapan masyarakat terhadap praktik jurnalisme digital.

9. Peran Komunikasi dalam Meningkatkan Kesadaran Lingkungan: Analisis Kampanye Komunikasi Lingkungan di Media Sosial

Penelitian ini akan menganalisis peran komunikasi dalam meningkatkan kesadaran lingkungan, dengan fokus pada analisis kampanye komunikasi lingkungan di media sosial. Kesadaran lingkungan semakin penting dalam melawan tantangan perubahan iklim dan degradasi lingkungan.

Penelitian ini akan menyebarkan strategi dan pesan-pesan kampanye yang digunakan oleh organisasi lingkungan di media sosial, serta dampaknya terhadap pengetahuan, sikap, dan perilaku masyarakat terkait lingkungan. Dengan demikian, penelitian ini diharapkan dapat memberikan wawasan yang lebih baik tentang efektivitas komunikasi dalam mempengaruhi perilaku pro-lingkungan.

10. Penggunaan Teknologi Komunikasi dalam Pendidikan Jarak Jauh: Tinjauan Terhadap Pengalaman Mahasiswa Universitas Online

Penelitian ini akan mengeksplorasi penggunaan teknologi komunikasi dalam pendidikan jarak jauh, dengan melakukan observasi terhadap pengalaman mahasiswa universitas online. Pendidikan jarak jauh semakin populer dengan kemajuan teknologi komunikasi, yang memungkinkan akses ke pendidikan bagi individu yang terkendala oleh jarak dan waktu.

Penelitian ini akan menggunakan metode wawancara dan survei untuk mengumpulkan data tentang pengalaman mahasiswa universitas online dalam menggunakan teknologi komunikasi untuk belajar dan berinteraksi dengan dosen dan sesama mahasiswa.

Temuan dari penelitian ini diharapkan dapat memberikan wawasan yang lebih baik tentang tantangan dan peluang dalam pendidikan jarak jauh menggunakan teknologi komunikasi.

 

Sebelum beralih ke ide judul skripsi ke-11 dan seterusnya, kami memiliki trik jitu yang telah lama kami pakai, dalam mencari judul skripsi yang bisa beresonansi dengan apa yang Anda harapkan. Baca disini jika ingin tahu lebih lanjut: Cara Mencari Judul Skripsi, 30 Menit Langsung Dapat !!!

 

11. Peran Komunikasi Interpersonal dalam Meningkatkan Kualitas Hubungan Pribadi: Studi Kasus di Lingkungan Komunitas Mahasiswa

Penelitian ini bertujuan untuk menginvestigasi peran komunikasi interpersonal dalam meningkatkan kualitas hubungan pribadi, dengan melakukan studi kasus di lingkungan komunitas siswa. Komunikasi interpersonal memainkan peran kunci dalam membentuk dan memelihara hubungan pribadi yang sehat dan memuaskan.

Penelitian ini akan menggunakan metode observasi partisipan dan wawancara untuk mengeksplorasi pola komunikasi, strategi penyelesaian konflik, dan kualitas hubungan pribadi di antara anggota komunitas mahasiswa. Temuan dari penelitian ini diharapkan dapat memberikan wawasan yang lebih baik tentang bagaimana komunikasi interpersonal dapat meningkatkan kualitas kehidupan pribadi dan sosial.

12. Pengaruh Representasi Media Terhadap Citra Negara: Analisis Terhadap Berita Internasional tentang Indonesia di Media Global

Penelitian ini akan menganalisis pengaruh representasi media terhadap citra negara, dengan fokus pada analisis berita internasional tentang Indonesia di media global. Media representasi tentang suatu negara dapat mempengaruhi persepsi masyarakat internasional terhadap identitas, budaya, dan politik negara tersebut.

Penelitian ini akan menggunakan metode analisis konten untuk menampilkan cara Indonesia disajikan dalam berita internasional di media global, mengidentifikasi pola-pola naratif yang digunakan, dan dampaknya terhadap citra negara. Temuan dari penelitian ini diharapkan dapat memberikan wawasan yang lebih baik tentang bagaimana media global mempengaruhi persepsi terhadap Indonesia.

13. Strategi Komunikasi Krisis dalam Manajemen Bencana Alam: Studi Kasus pada Respons Pemerintah terhadap Gempa Bumi dan Tsunami

Penelitian ini akan meneliti strategi komunikasi krisis dalam manajemen bencana alam, dengan melakukan studi kasus pada respon pemerintah terhadap gempa bumi dan tsunami. Komunikasi yang efektif selama krisis bencana alam dapat membantu mengurangi dampak negatif dan memobilisasi dukungan masyarakat untuk pemulihan dan rekonstruksi.

Penelitian ini akan menganalisis strategi komunikasi yang digunakan oleh pemerintah dalam menangani krisis bencana alam, evaluasi kesetaraan dan efektivitasnya, serta mengidentifikasi faktor-faktor yang mempengaruhi respon masyarakat terhadap pesan komunikasi.

Temuan dari penelitian ini diharapkan dapat memberikan rekomendasi bagi pemerintah dan organisasi nirlaba dalam memperbaiki krisis komunikasi mereka di masa depan.

14. Peran Media Sosial dalam Kampanye Politik: Analisis Terhadap Penggunaan Twitter dalam Pemilihan Umum

Penelitian ini akan menginvestigasi peran media sosial dalam kampanye politik, dengan fokus pada penggunaan Twitter dalam pemilihan umum. Media sosial, khususnya Twitter, telah menjadi platform yang penting bagi politisi dan kandidat untuk berkomunikasi dengan pemilih dan memperkuat basis dukungan mereka.

Penelitian ini akan menggunakan metode analisis konten untuk menampilkan strategi dan pola komunikasi yang digunakan oleh kandidat politik dalam menggunakan Twitter selama pemilihan umum. Temuan dari penelitian ini diharapkan dapat memberikan wawasan yang lebih baik tentang pengaruh media sosial dalam proses politik dan pemilihan umum.

15. Penggunaan Bahasa Tubuh dalam Presentasi Publik: Studi Kasus terhadap Kemampuan Komunikasi Nonverbal Mahasiswa Universitas

Penelitian ini akan mengeksplorasi penggunaan bahasa tubuh dalam presentasi publik, dengan melakukan studi kasus terhadap kemampuan komunikasi nonverbal mahasiswa universitas. Bahasa tubuh, termasuk gerakan tubuh, ekspresi wajah, dan kontak mata, dapat mempengaruhi cara pesan disampaikan dan diterima dalam situasi presentasi publik.

Penelitian ini akan menggunakan metode observasi dan evaluasi oleh para pakar komunikasi untuk memancarkan kemampuan komunikasi nonverbal siswa dalam situasi presentasi. Temuan dari penelitian ini diharapkan dapat memberikan wawasan yang lebih baik tentang pentingnya bahasa tubuh dalam keberhasilan komunikasi masyarakat.

16. Dampak Penggunaan Teknologi Komunikasi Terhadap Interaksi Sosial: Studi Kasus Penggunaan Smartphone di Kalangan Remaja

Penelitian ini akan mengkaji dampak penggunaan teknologi komunikasi, khususnya smartphone, terhadap interaksi sosial, dengan melakukan studi kasus di kalangan remaja. Penggunaan smartphone telah menjadi bagian tak terpisahkan dari kehidupan remaja modern, namun penerapan teknologi ini juga mempengaruhi pola interaksi sosial mereka.

Penelitian ini akan menggunakan metode wawancara, observasi, dan kuesioner untuk mengumpulkan data tentang bagaimana penggunaan smartphone mempengaruhi kualitas dan frekuensi interaksi sosial remaja. Temuan dari penelitian ini diharapkan dapat memberikan pemahaman yang lebih baik tentang dampak teknologi komunikasi terhadap hubungan antarindividu di masyarakat.

17. Analisis Framing dalam Pemberitaan Media Massa: Studi Kasus tentang Representasi Migran di Surat Kabar Nasional

Penelitian ini akan melakukan analisis framing dalam pemberitaan media massa, dengan fokus pada studi kasus tentang representasi migran di surat kabar nasional. Framing, atau cara penyajian berita oleh media, memiliki pengaruh yang signifikan terhadap persepsi masyarakat tentang isu-isu sosial dan politik.

Penelitian ini akan menggunakan metode analisis konten untuk mengidentifikasi frame-frame yang digunakan dalam pemberitaan tentang migran, memeriksa narasi yang dominan, serta menyebarkan dampaknya terhadap persepsi masyarakat tentang masalah migrasi.

Temuan dari penelitian ini diharapkan dapat memberikan wawasan yang lebih dalam tentang peran media dalam membentuk opini masyarakat tentang migrasi.

18. Strategi Komunikasi Organisasi dalam Membangun Citra Perusahaan: Studi Kasus pada Perusahaan Retail Terkemuka

Penelitian ini akan meneliti strategi komunikasi organisasi dalam membangun citra perusahaan, dengan melakukan studi kasus pada perusahaan retail terkemuka. Citra perusahaan merupakan aset yang sangat berharga dalam lingkungan bisnis yang kompetitif, dan komunikasi organisasi memainkan peran penting dalam membentuk dan memelihara citra tersebut.

Penelitian ini akan menganalisis berbagai strategi komunikasi yang digunakan oleh perusahaan retail, evaluasi keberhasilan mereka dalam membangun citra perusahaan yang positif, dan mengidentifikasi faktor-faktor yang mempengaruhi persepsi masyarakat terhadap perusahaan tersebut.

Temuan dari penelitian ini diharapkan dapat memberikan panduan bagi perusahaan dalam merancang strategi komunikasi yang efektif untuk memperkuat citra merek mereka.

19. Peran Komunikasi Keluarga dalam Pembentukan Identitas Anak: Perspektif Orang Tua dan Anak Remaja

Penelitian ini akan menyelidiki peran komunikasi keluarga dalam pembentukan identitas anak, dengan memperhatikan perspektif orang tua dan anak remaja. Komunikasi dalam lingkungan keluarga memiliki pengaruh yang kuat dalam membentuk nilai-nilai, norma-norma, dan identitas anak selama masa pertumbuhan mereka.

Penelitian ini akan menggunakan metode wawancara dan survei untuk mengeksplorasi persepsi orang tua dan anak remaja tentang komunikasi keluarga, dampaknya terhadap pembentukan identitas anak, serta perbedaan persepsi antara kedua pihak.

Temuan dari penelitian ini diharapkan dapat memberikan pemahaman yang lebih baik tentang dinamika komunikasi keluarga dan mendorong dalam pengembangan identitas anak.

20. Pengaruh Komunikasi Organisasi terhadap Motivasi Karyawan: Studi Kasus pada Industri Manufaktur

Penelitian ini akan meneliti pengaruh komunikasi organisasi terhadap motivasi karyawan, dengan melakukan studi kasus pada industri manufaktur. Komunikasi organisasi yang efektif memiliki potensi untuk meningkatkan motivasi karyawan, keterlibatan, dan kinerja secara keseluruhan dalam lingkungan kerja.

Penelitian ini akan menggunakan metode survei dan wawancara untuk mengumpulkan data tentang persepsi karyawan terhadap komunikasi organisasi, tingkat motivasi mereka, dan faktor-faktor yang mempengaruhi motivasi dalam konteks industri manufaktur.

Temuan dari penelitian ini diharapkan dapat memberikan wawasan yang lebih baik tentang pentingnya komunikasi organisasi dalam meningkatkan kinerja karyawan di lingkungan kerja yang berbasis manufaktur.

 

Judul skripsi harus di sesuaikan dengan metode penelitian yang akan digunakan. Jika kamu menggunakan metode kualitatif dalam mengumpulkan data, kamu mungkin perlu membaca ini nanti: 10 Contoh Judul Kualitatif + Penjelasan nya Mengapa Itu Termasuk ‘Kualitatif’

 

21. Pengaruh Media Sosial Terhadap Perkembangan Kemampuan Komunikasi Siswa Sekolah Menengah Atas

Studi ini bertujuan untuk menyebarkan dampak penggunaan media sosial pada kemampuan komunikasi siswa SMA. Penelitian ini akan menganalisis frekuensi penggunaan media sosial, jenis konten yang dikonsumsi, dan dampaknya terhadap kemampuan siswa dalam berkomunikasi secara verbal dan non-verbal.

22. Representasi Gender dalam Media Massa dan Implikasinya terhadap Pendidikan Gender

Penelitian ini akan menganalisis representasi gender dalam media massa seperti iklan, film, dan program televisi, serta bagaimana representasi ini mempengaruhi persepsi gender dan identitas gender siswa. Selain itu, studi ini juga akan mengeksplorasi strategi pendidikan yang dapat memperkuat pemahaman yang inklusif tentang gender.

23. Analisis Efektivitas Teknik Komunikasi Guru dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa

Penelitian ini akan menyebarkan teknik komunikasi yang digunakan oleh guru dalam kelas dan dampaknya terhadap motivasi belajar siswa. Melalui observasi langsung dan wawancara dengan guru dan siswa, penelitian ini akan mengidentifikasi teknik komunikasi yang paling efektif dalam memotivasi siswa untuk belajar.

24. Peran Komunikasi Interpersonal dalam Meningkatkan Keterlibatan Orangtua dalam Pendidikan Anak

Studi ini akan menyelidiki hubungan antara komunikasi interpersonal antara sekolah dan orangtua dengan tingkat keterlibatan orangtua dalam pendidikan anak. Penelitian ini akan mengidentifikasi strategi komunikasi yang efektif untuk meningkatkan keterlibatan orangtua dan mendukung perkembangan akademik anak.

25. Analisis Perilaku Komunikasi Siswa dalam Menangapi Bullying di Lingkungan Sekolah

Penelitian ini akan menganalisis perilaku komunikasi siswa dalam menghadapi situasi bullying di lingkungan sekolah. Melalui survei dan wawancara, penelitian ini akan mengidentifikasi strategi komunikasi yang digunakan oleh siswa untuk mengatasi bullying dan dampaknya terhadap kesejahteraan siswa.

26. Pengaruh Program Pendidikan Media terhadap Kesadaran Media Siswa SMA

Penelitian ini akan efektivitas program media pendidikan dalam meningkatkan kesadaran media siswa SMA. Studi ini akan mengeksplorasi program konten, metode pengajaran, dan dampaknya terhadap pemahaman siswa tentang media, termasuk pemahaman tentang keberagaman, keadilan, dan etika dalam media.

27. Strategi Komunikasi dalam Membangun Citra Positif Sekolah di Era Digital

Penelitian ini akan mengeksplorasi strategi komunikasi yang digunakan oleh sekolah untuk membangun citra positif di era digital. Melalui analisis konten media sosial, wawancara dengan staf sekolah, dan survei kepada siswa dan orang tua, penelitian ini akan mengidentifikasi praktik komunikasi yang efektif dalam memperkuat citra positif sekolah.

28. Peran Komunikasi Keluarga dalam Pembentukan Identitas Remaja

Studi ini akan mempelajari peran komunikasi keluarga dalam pembentukan identitas remaja. Melalui wawancara dan observasi, penelitian ini akan mengidentifikasi pola komunikasi keluarga yang mempengaruhi perkembangan identitas remaja dan pengaruhnya terhadap kesejahteraan psikologis remaja.

29. Analisis Representasi Budaya Lokal dalam Buku Pelajaran dan Implikasinya terhadap Identitas Budaya Siswa

Penelitian ini akan menganalisis representasi budaya lokal dalam buku pelajaran dan dampaknya terhadap identitas siswa. Studi ini akan sejauh mana budaya lokal direpresentasikan dalam kurikulum dan buku pelajaran, serta bagaimana representasi tersebut mempengaruhi pemahaman siswa tentang identitas budaya mereka.

30. Peran Komunikasi Nonverbal dalam Proses Pembelajaran dalam Kelas

Penelitian ini akan mengeksplorasi peran komunikasi nonverbal dalam proses pembelajaran di kelas. Studi ini akan mengidentifikasi jenis-jenis komunikasi nonverbal yang paling berpengaruh dalam memfasilitasi pemahaman siswa, interaksi sosial, dan keterlibatan dalam pembelajaran.

 

Penutup: Ide Judul dari Sumber Lain nya

Temukan Contoh Judul Skripsi Ilmu Komunikasi Lain nya Lebih Banyak

Bilamana kamu masih belum bisa menemukan ide contoh judul skripsi ilmu komunikasi, jangan khawatir. Tim Skripsi Express kami mempunyai banyak sekali pilihan judul skripsi lain nya. Kamu dapat mengaksesnya dengan mengunjungi halaman ini: +1.000 Pilihan Ide Judul Skripsi yang Unik .

Dapatkan Inspirasi Judul Skripsi di Jurusan Lain

Sebagai alternatif lain, Anda mungkin dapat mendapatkan inspirasi ide judul skripsi, dengan melihat contoh judul skripsi untuk jurusan lain, seperti: Contoh Judul Skripsi Hubungan Internasional atau Contoh Judul Skripsi Ekonomi .

Gunakan Jasa Skripsi Express kami Apabila Masih Berfungsi

jika masih kesulitan mendapatkan ide tentang contoh judul skripsi ilmu komunikasi, kamu dapat menggunakan layanan skripsi kami. Mulai dari bantuan mendapatkan data, hingga mendapatkan judul yang tepat, tim Skripsi Express kami dapat membantu menyelesaikan skripsi mu dalam beberapa minggu. Jika berminat, silakan kunjungi halaman layanan kami ini: Jasa Skripsi Express- Legal, Aman dan Cepat.