Cara Membuat Footnote di Skripsi, dan Apakah Itu Wajib dilakukan?

Anda mungkin bertanya-tanya, bagaimana cara membuat garis di bawah halaman sebagai catatan kecil?. Ini adalah pertanyaan umum bagi banyak mahasiswa yang tengah menyusun skripsi atau dokumen akademis lainnya. Perhatikan gambar dibawah ini, untuk mengetahui seperti apa yang dimaksud.

Bagian yang ditunjukan pada gambar diatas, disebut dengan footnote. Saat Anda mencatat referensi atau detail penting yang mendukung argumen atau data dalam teks skripsi Anda, maka dibutuhkan footnote untuk mencantumkan informasi tersebut.

Untuk memberikan gambaran lebih jelas, bayangkan situasi ini: Anda menulis tentang teori atau hasil penelitian yang memerlukan dukungan dari sumber lain untuk validitasnya. Di sinilah fungsi footnote menjadi penting.

Sebagai informasi, Anda tidak bisa menggunakan fitur “underline” atau “garis bawah” yang ada di sebagian besar perangkat lunak pengolah kata untuk membuat footnote. Juga, Anda tidak dapat menambahkannya dengan menambahkan garis melalui menu insert.

Footnote yang sering Anda lihat dalam skripsi biasanya dibuat menggunakan Mendeley. Namun, Anda tidak harus selalu perlu memakai Mendeley untuk melakukan nya; Anda juga bisa menggunakan MS Word atau Google Docs secara langsung. Lantas, bagaimana cara membuatnya?. Berikut panduan lengkapnya:

 

Cara Membuat Footnote

Di aplikasi pengolah kata (Ms. Word atau Google Dosc), Anda bisa membuat footnote secara manual. Berikut ini adalah cara membuat footnote di kedua platform tersebut:

Menggunakan Google Docs:

  1. Posisikan Kursor: Sama seperti di Word, letakkan kursor di tempat yang diinginkan.
  2. Buka Menu Insert: Pilih ‘Insert’ dari menu atas.
  3. Pilih Footnote: Klik pada ‘Footnote’ dalam menu tersebut.
  4. Tulis Catatan: Ketikkan informasi di ruang yang disediakan di bagian bawah halaman.

Menggunakan MS Word:

  1. Posisikan Kursor: Letakkan kursor di akhir kalimat atau informasi yang ingin Anda beri footnote.
  2. Masuk ke Menu Referensi: Klik tab ‘References’ di bagian atas.
  3. Insert Footnote: Klik pada ‘Insert Footnote’. Ini akan secara otomatis menambahkan nomor footnote di tempat kursor dan membawa Anda ke bagian bawah halaman.
  4. Tulis Catatan: Di bagian bawah halaman, tulis catatan kaki Anda.

 

Apakah Footnote diwajibkan dalam pembuatan skripsi?

Penggunaan footnote dalam penyusunan skripsi sangat tergantung pada gaya penulisan referensi, dan juga pedoman akademik yang ditetapkan oleh masing-masing kampus atau program studi.

Apabila universitas Anda mengadopsi gaya penulisan referensi American Psychological Association (APA), maka penggunaan footnote tidak diperlukan karena format APA tidak mengikutsertakan penggunaan footnote.

Namun, jika universitas Anda mengadopsi gaya penulisan referensi seperti Chicago atau MLA yang secara eksplisit memerlukan penggunaan footnote, maka Anda diharuskan untuk memasukkannya. Gaya penulisan ini membutuhkan footnote untuk menyediakan rujukan atau komentar tambahan langsung pada halaman di mana informasi tersebut disajikan.

Terkadang, ada kebijakan khusus dari beberapa universitas yang mungkin tampak tidak konsisten. Misalnya, mereka mungkin meminta penggunaan gaya APA tetapi tetap mengharuskan penggunaan footnote. Dalam kasus seperti ini, sangat penting untuk mengikuti petunjuk khusus yang diberikan oleh universitas Anda untuk memastikan kepatuhan terhadap persyaratan akademis mereka.

 

Tanya Jawab

Apakah bisa disebut dengan footer note?

Istilah “footer note” sering kali keliru digunakan untuk merujuk pada footnote. Kedua istilah ini memiliki perbedaan yang signifikan. “Footer note” merujuk pada catatan atau informasi yang ditempatkan di bagian footer atau bawah halaman dari sebuah dokumen, dan biasanya digunakan untuk informasi yang berulang pada setiap halaman, seperti halaman nomor atau informasi hak cipta.

Sementara itu, “footnote” adalah catatan khusus yang diletakkan di bagian bawah halaman untuk memberikan referensi tambahan, penjelasan, atau komentar pada bagian tertentu dari teks yang ada di halaman yang sama. Jadi, kedua istilah tersebut tidak dapat digunakan secara bergantian. 

 

Penutup

Menggunakan footnote dalam dokumen Anda tidak hanya membantu pembaca memahami sumber dan validitas argumen Anda tetapi juga memperkuat kredibilitas tulisan akademis Anda.

Jangan lupa, jika Anda membutuhkan bantuan lebih lanjut dalam penyusunan skripsi atau penggunaan teknik-teknik penulisan lainnya, tim Skripsi Express siap membantu Anda. Hubungi kami untuk layanan yang lebih personal dan mendetail.

0 0 votes
Berikan Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments