Perbedaan Gaya Sitasi APA (American Psychological Association) dan Havard

Gaya sitasi APA dan Harvard adalah dua gaya sitasi yang berbeda. Keduanya memiliki aturan dan formatnya sendiri untuk merujuk dan mengakui sumber dalam penulisan karya ilmiah atau akademik. Meskipun keduanya menggunakan format penulis-tanggal untuk sitasi dalam teks, ada perbedaan dalam penggunaan tanda kurung, pemisahan elemen referensi, penggunaan inisial penulis, dan cara mencantumkan daftar penulis.

Berikut adalah detail perbedaan utama antara keduanya:

 

Perbedaan Gaya Sitasi APA dan Havard

Format Sitasi dalam Teks

Keduanya menggunakan format penulis-tanggal untuk sitasi dalam teks, tetapi APA memerlukan tanda kurung di sekitar tanggal, diikuti oleh titik, sementara Harvard tidak memerlukan tanda kurung di sekitar tanggal, yang diikuti oleh koma.

Format Daftar Pustaka

Dalam APA, elemen referensi dipisahkan dengan titik penuh, sementara dalam Harvard, elemen referensi dipisahkan dengan koma.

Inisial Penulis

APA menggunakan spasi antara inisial penulis (misalnya, Author, A. A.), sementara Harvard tidak menggunakan spasi (misalnya, Author, A.A.)

Daftar Penulis

APA mencantumkan 20 penulis pertama, jika lebih, gunakan tanda ellipsis antara penulis ke-19 dan penulis terakhir. Sementara itu, Harvard mencantumkan semua penulis.

Perlu dicatat bahwa meskipun ada perbedaan, tujuan utama dari kedua gaya sitasi ini adalah untuk mengakui dan memberi kredit kepada sumber yang digunakan dalam penulisan akademik atau ilmiah. Semoga ini menjawab pertanyaan Anda!

 

Penutup

Dalam menulis karya ilmiah, pemilihan gaya sitasi yang tepat sangatlah penting untuk memastikan keakuratan dan kredibilitas sumber yang digunakan. Baik gaya sitasi APA maupun Harvard memiliki keunggulan dan kekhasan masing-masing yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan penulisan Anda.

Kami di Skripsi Express berharap bahwa penjelasan yang kami sampaikan dapat membantu Anda memahami perbedaan antara kedua gaya sitasi ini dan memilih yang terbaik untuk karya Anda.

Jika Anda memerlukan bantuan lebih lanjut dalam penulisan atau sitasi, jangan ragu untuk menghubungi kami. Kami siap membantu Anda dalam setiap langkah penulisan skripsi Anda dengan layanan profesional yang dapat diandalkan.

0 0 votes
Berikan Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments