You are currently viewing Cara Mendapatkan Pendanaan Skripsi Hingga 70 Miliar

Cara Mendapatkan Pendanaan Skripsi Hingga 70 Miliar

Mendapatkan pendanaan untuk skripsi bukanlah hal yang mudah, terlebih jika angka yang dibicarakan mencapai 70 miliar rupiah. Namun, melalui kisah nyata yang terjadi pada salah satu mahasiswa yang magang di salah satu perusahaan portal magang bernama Volunoid, kita dapat belajar bagaimana sebuah ide skripsi yang inovatif dapat menarik minat investor hingga berani mengucurkan dana fantastis tersebut.

Catatan: Dulu Tim Skripsi Express masih bergabung bersama Volunoid. Namun, sekarang sudah memisahkan diri menjadi dua entitas berbeda. Bisa dikatakan, ini adalah cerita lama dari Tim Skripsi Express.

 

Cerita Awal Pendanaan Skripsi Bisa Terjadi

Mahasiswa tersebut dengan inisial CY, yang berasal dari Universitas Kristen Satya Wacana (UKSW) di Jawa Tengah, mengalami kebingungan dalam menentukan topik skripsi. Melihat potensi dan hubungan baik yang telah terjalin, kami memberikan ide -dan semua data hasil riset yang telah kami kumpulkan sebelumnya- untuk mengembangkan aplikasi “rekomendasi asuransi”.

Aplikasi ini dirancang untuk menerima input data dari pengguna dan menampilkan opsi asuransi yang paling cocok berdasarkan kebutuhan dan kondisi mereka. Kerja sama dengan berbagai perusahaan asuransi memungkinkan kami mendapatkan komisi dari setiap pendaftaran yang terjadi melalui aplikasi tersebut.

Kami memberi pengarahan kepada dia atas bagaimana harusnya aplikasi tersebut berwujud dan bekerja, dan memberikan bimbingan mengenai hal apa yang harus di hindari agar tidak melakukan kesalahan dalam menjalankan ide startup ini.

Ide ini tidak hanya mendapat persetujuan cepat dari dosen pembimbing, tetapi juga berhasil menarik perhatian investor, yang pada akhirnya berencana mendanai aplikasi menjadi startup dengan dana hingga 70 miliar rupiah.

Meskipun di kemudian hari terjadi ketidakcocokan yang menyebabkan keributan dan akhirnya terputusnya hubungan, kisah ini membuktikan bahwa skripsi dengan ide yang kuat dan inovatif memiliki potensi besar untuk mendapatkan pendanaan.

 

Kriteria Skripsi yang Bisa Mendapatkan Pendanaan

Bagi Anda yang berharap mendapatkan pendanaan untuk skripsi, berikut beberapa hal yang perlu diperhatikan:

Unik dan Inovatif

Ide skripsi yang berhasil mendapatkan pendanaan besar memiliki satu kesamaan: mereka unik dan inovatif. Kesuksesan tidak hanya bergantung pada kebaruan ide tersebut, tetapi juga pada potensinya untuk memecahkan masalah nyata dalam cara yang belum pernah dipikirkan sebelumnya.

Ide Anda harus berdiri sendiri, menawarkan solusi atau perspektif baru yang dapat memikat minat siapa saja yang mendengarnya. Dalam kasus mahasiswa magang kami, ide aplikasi rekomendasi asuransi adalah sesuatu yang belum banyak dijelajahi, menjadikannya inovatif dan berpotensi mengubah cara orang memilih asuransi.

Potensi Pengembangan

Investor selalu mencari ide dengan potensi pertumbuhan yang besar. Mereka tertarik pada proyek yang tidak hanya bagus di atas kertas tetapi juga memiliki kemampuan untuk berkembang menjadi sesuatu yang lebih besar dan menguntungkan. Dalam hal ini, aplikasi rekomendasi asuransi tidak hanya memenuhi kebutuhan pengguna akan informasi asuransi yang relevan tetapi juga menciptakan model bisnis yang berkelanjutan melalui kerjasama dengan perusahaan asuransi.

Persiapan Pitch yang Menyakinkan

Setelah menemukan investor potensial, langkah selanjutnya adalah mempersiapkan pitch yang menyakinkan. Pitch Anda harus mampu merangkum ide skripsi, potensi pengembangannya, dan bagaimana hal itu dapat menghasilkan keuntungan dengan jelas dan singkat. Pastikan Anda juga siap untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan kritis dari calon investor mengenai aspek teknis, pasar, dan keuangan dari ide Anda. Persiapan ini mencakup membuat slide presentasi yang menarik, executive summary, dan mungkin demo atau prototype jika memungkinkan.

Perlindungan Hak Kekayaan Intelektual

Sebelum memperkenalkan ide Anda ke investor atau publik, sangat penting untuk mempertimbangkan aspek perlindungan hak kekayaan intelektual (HKI). Hak paten, hak cipta, atau merek dagang dapat memberikan perlindungan hukum terhadap ide Anda, sehingga mencegah pihak lain untuk menyalin atau mencuri inovasi yang Anda tawarkan. Berkonsultasilah dengan ahli HKI untuk memahami pilihan yang ada dan langkah apa yang harus diambil untuk melindungi ide Anda.

Mengembangkan Prototipe

Jika memungkinkan, mengembangkan prototipe atau versi awal dari produk Anda bisa sangat membantu dalam menarik minat investor. Prototipe menunjukkan komitmen Anda terhadap ide tersebut dan memberikan bukti konkret bahwa ide Anda bisa diwujudkan. Ini juga memberikan kesempatan bagi investor untuk melihat dan merasakan secara langsung bagaimana produk atau layanan Anda bekerja, yang bisa meningkatkan kepercayaan dan minat mereka untuk berinvestasi.

 

Penutup

Dalam perjalanan mencari pendanaan skripsi yang dapat mencapai angka hingga 70 miliar (atau setara dengan itu), diperlukan kombinasi dari ide yang cemerlang, inovasi, keberanian, dan strategi yang matang. Kisah nyata yang terjadi di perusahaan Skripsi Express ini adalah sebagai bukti nya.

Kami telah menunjukkan kemampuan kami dalam layanan Jasa Skripsi yang kami miliki, untuk tidak hanya membimbing mahasiswa dalam membuat skripsi, tetapi juga mengkonkretkan skripsi tersebut menjadi sebuah inovasi nyata.

Semoga panduan ini dapat menjadi langkah awal Anda dalam mengubah skripsi tidak hanya menjadi karya akademis yang berharga, tetapi juga menjadi pintu gerbang menuju kesuksesan entrepreneur yang luar biasa.

0 0 votes
Berikan Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments